Rabu, 24 September 2008

Keluarga Kalla Jajaki Bisnis Mobil Cina

Jakarta:Adik bungsu Jusuf Kalla, Suhaelly Kalla, terjun ke bisnis mobil produksi Cina. Suhaelly dengan perusahaan PT IGC International menjadi distributor mobil merek Geely di Indonesia.

Menurut Suhaelly, keterlibatan dalam bisnis mobil Cina karena peluangnya cukup menarik. Geely mampu menghasilkan produk yang kompetitif dengan harga lebih murah. “Harga sedan dibawah Rp 100 juta tiap unit,” kata Suhaelly, dalam acara peluncuran mobil Geely CK CKD (completely knock down), Jakarta (16/5).

Suhaelly mengaku, terjun ke bisnis otomotif bukanlah yang pertama kali. Puluhan tahun, katanya, dia sudah terlibat dalam perusahaan otomotif. Keluarga Kalla memiliki perusahaan distribusi otomotif dengan bendera NV Hadji Kalla.

Hubungan darah dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, kata Suhaelly, tak otomatis dirinya mendapat perlakuan khusus. Hal ini diamini oleh Direktur Jenderal Industri Alat Transportasi dan Telematika Departemen Prindustrian Budi Dharmadi. “Tidak ada perlakukan khusus. Hanya mendapat insentif sesuai Peratusan Pemerintah Nomor 1 Tahun2007,” ujar Budi di tempat yang sama.

Peraturan tersebut mengatur fasilitas pajak penghasilan untuk penanaman untuk penanaman modal dibidang usaha tertentu. PT IGC Coorporation yang ditunjuk sebagai agen tunggal mobil Geely, berdiri tahun ini sebagai usaha patungan antara Indonesia, Malaysia dan Cina.

Hingga kini, IGC masih memproses dealer (agen penjual) yang ditunjuk untuk Geely. Secara resmi Geely CK CKD akan diluncurkan ke pasar Indonesia pada Juli ini dengan fokus wilayah Jakarta dan sekitarnya serta Jawa Barat. Target penjualan pada 2007 sebanyak 2.000 unit.

Tidak ada komentar: